Universitas Al-Azhar Indonesia Gelar Wisuda XXV

  • uai

Jakarta, 26 Februari 2022, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) sukses gelar wisuda ke-25, Tahun Akademik (T.A) 2021-2022. Wisuda yang digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube, serta luring yang dihadiri secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat oleh Senat Akademik Universitas, panitia wisuda, para tamu undangan dan perwakilan mahasiswa terbaik Universitas.

Berbeda dengan wisuda sebelumnya, kali ini UAI mengadakan rangkaian acara wisuda yaitu Workshop Persiapan Menghadapi Dunia Kerja, yang dilaksanakan secara daring. Diisi oleh Senior Jurnalis Razaini Taher. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan bekal skill (keterampilan) dan edukasi untuk mempersiapkan para calon wisudawan agar dapat menghadapi dunia kerja dengan baik. Selain itu, para wisudawan sebelumnya juga mengikuti prosesi Khatmul Quran pada Jumat, 25 Februari 2022 yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan khatam quran bersama oleh para wisudawan kali ini dibimbing oleh Ust. Bahrul Ulum, B.Sc., MA., Ph.D. Pjs. Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam UAI. Hadir pula H. Muchamad Romly, S.Sos. I,M.E.Sy lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia memberikan pembekalan kepada calon wisudawan guna memperkuat lulusan UAI menjadi generasi Hamalatul Qur’an.

Sebanyak 310 wisudawan dari berbagai Program Studi baik program Sarjana maupun Magister yang akan dilantik oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. melalui sidang senat terbuka. Dalam pidatonya, Rektor UAI, menyampaikan bahwa para wisudawan kali ini merupakan lulusan yang luar biasa karena mampu menyelesaikan pendidikan dimana dunia tidak hanya sedang berubah, tetapi sedang terdisrupsi. Ditambah dengan masih hadirnya pandemi sejak awal tahun 2020 hingga saat ini yang membatasi mobilitas umat manusia secara fisik dan berbagai perubahan harus diadaptasikan dengan cepat. Rektor berharap agar para wisudwan dapat memberikan potensi terbaik untuk Negara, dan mengingatkan bahwa di era milenial ini, selain kita mempunyai kompetensi bidang keilmuan yang harus terus diasah, ada beberapa skill yang harus dilatih, diantaranya: kreatif, memiliki kecerdasan emosional, dapat bekerjasama, pola pikir kritis, dan lainnya.

Berbagai capaian UAI telah diraih hingga tahun 2021, diantaranya adalah Peringkat 87 Klaster 3 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia dan 10 Terbaik di Jakarta untuk indikator output berdasarkan penilaian Kemendikbud, peringkat 46 pemeringkatan kemahasiswaan. Peringkat 78 UI Green Metric dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dan 868 dari seluruh Perguruan Tinggi di dunia. UAI juga mendapat penghargaan dari Kemendikbudristek melalui LLDIKTI Wilayah III sebagai 100 Perguruan Tinggi Terbaik Non Vokasi Tahun 2019 dan 2020. UAI juga mendapatkan Juara 3 Jogjakarta Communication Conference International Workshop & Competition 2021, Juara 1 Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tahun 2021, Juara 2 Lomba Story Telling Bahasa Jepang, Juara 2 Kompetisi Pemuda Anti Narkoba 2021, Tema ” Generasi Cerdas Anti Narkoba ” 2021, dan UAI mendapatkan dana hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam rangka MBKM.

UAI juga terlibat aktif dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu Program Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri, Kampus Mengajar Angkatan 1 dan 2, Dosen Pendamping Modul Nusantara, Dosen Pendamping Kampus Mengajar Angkatan 1 dan 2, Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), yakni Intitutional Support System (ISS) untuk system MBKM, Tracer Study dan Program Studi Biologi. International Student Mobility Awards (IISMA), dimana dua mahasiswa atas nama Keiko Annisa Arfananda dari Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, diterima di University of Limerick, Irlandia dan Ida Ayu Mas Kusumaningtyas dari Program Studi Ilmu Biologi diterima di Daugavpils University, Latvia.

Acara ini turut dihadiri secara online oleh Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc., Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional yang menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Menjawab Tantangan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju”. Y.M. Abdulla Sallem Obaid Aldaheri, Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk RI (UEA) yang turut memberikan apresiasi kepada 3 wisudawan terbaik universitas. Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., Guru Besar IPB/Ketua Dewan Eksekitif BAN PT, Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc., Guru Besar Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Muhammad Asvial, M.Eng., Guru Besar Tetap Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Serta Ketua Pembina Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA), Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH. beserta pengurus YPIA, Direktorat dan jajaran secara daring. Hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. memberikan sambutannya.

Adapun hal yang paling ditunggu pada saat prosesi wisuda oleh para wisudawan ialah pengumuman untuk wisudawan terbaik dan berprestasi, yang diraih oleh Dandy Hidayatulloh, dari Program Studi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang. Wisudawan terbaik kedua adalah Fahmi Adam Augusta, dari Fakultas Sains dan Teknologi, Prodi Teknik Elektro, dan terbaik ketiga adalah Dhiya Ayu Fadila, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Ilmu Komunikasi. Pemilihan wisudawan terbaik ditentukan dengan memperhatikan aspek akademik terdiri dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), masa studi, dan aspek-aspek penunjang akademik dan non-akademik lain meliputi; (a) keikutsertaan dalam jurnal dan prosiding ilmiah nasional dan internasional, (b) keikutsertaan dalam kompetisi olahraga, seni dan kompetisi berbasis kompetensi keilmuan (c) keaktifan berorganisasi (d) etika, dan (e) inspiratif.

Untuk Informasi selanjutnya:
Bagian Humas, Universitas Al Azhar Indonesia
Phone: 021-72792753 ext 2022
Email: humas.uai@uai.ac.id

The post Universitas Al-Azhar Indonesia Gelar Wisuda XXV appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai