Studi Banding Universitas Al-azhar Indonesia dan Kerjasama dengan Universitas Negeri Malang, Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemdikbudristek

  • uai

Kunjungan dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Universitas Al-azhar Indonesia ke Universitas Negeri Malang, pada hari Selasa, tanggal 16 November 2021. Dalam sambutannya Rektor Universitas Al-azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menyatakan sangat berterima kasih atas kesempatan dan sambutan hangat dari pihak pimpinan UM dalam rangka kunjungan serta penandatanganan MoU dengan UM. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Asep Saefuddiin menjelaskan tujuan kunjungan tim UAI ke UM yakni selain tentang penandatanganan MoU, juga keinginan berguru tentang implementasi MBKM khususnya terkait Metode Pembelajaran, ilmu pedagogie dan kegiatan lainnya. Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., memperkenalkan delegasi dari UAI dimulai dari Wakil Rektor I, Dr. Zirmansyah, M.Pd., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi: Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D.; Ketua LPPM: Dr. rer. nat. Yunus Effendi, S.Pd., M.Si., M.Sc.; Ketua Program Studi Biologi: Risa Swandari Wijihastuti, S.Si., M.Phil.; Direktur Keuangan: Asep Maksum, S.E., M.B.A., Direktur Kerjasama: Dr. Bambang Eko Samiono, S.T., M.M., Kepala Pusat Data Komputer dan Sistem Informasi: Dody Haryadi, S.T., M.T.I., Direktur Akademik: Agus Wahyu Setiawan, S.T. M.H., dan PIC MBKM UAI: Syarifah Ida Farida, S.E., M.M., serta Arif Rachman, S.Si., Tim dari MBKM UAI.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., mengifokan bahwa Universitas Al-azhar Indonesia adalah salah satu universitas yang mendapatkan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemdikbudristek Pendanaan Tahun 2021, hibah yang didapatkan untuk Program Studi Biologi dan Program Institusional Support System (ISS).
Kegiatan studi banding di Universitas Negeri Malang ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang sudah diinisiasi oleh pihak UAI diantaranya Webinar dalam pelatihan dan pengembangan pembelajaran untuk Dosen di UAI dan pengembangan website kampusmerdeka.uai.ac.id. Oleh karena itu, dilanjutkan MoU antara UAI dengan UM di ruang senat UM.

Sebelum penandatangan MoU, sambutan dari perwakilan Rektor Universitas Negeri Malang yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si, Wakil Rektor II, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. Wakil Rektor III, Dr. Mu’arifin, M.Pd. Kepala LPPM dan Pimpinan lainya dari UM.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd sanga mengapresiasi kunjungan UAI ke UM dan juga menjelaskan tentang capaian-capaian yang sudah didapat oleh UM sejauh ini diantaranya bahwa UM sampai saat ini memiliki 8 Fakultas dan sudah menjadi PTNBH.
Untuk pertemuan dengan UAI dikhususkan membahas 3 topik diantaranya sebagai berikut:
1. program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengembangan Program Studi Unggulan
2. Penelitian/Riset
3. Teknologi/Informasi dari Komunikasi

Dalam paparannya, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd mengarisbawahi bahwa kunjungan UAI ke UM, diyakin akan memberikan kontribusi positif untuk UM, UAI memiliki banyak mutiara yang bisa dipetik dan bisa diimplementasikan di kampus UM. Menurut Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd , UAI bukanlah kampus kecil tetapi kampus besar, banyak produktivitas dari Al-azhar sejak didirikan almarhum Buya Hamka.
Pada kegiatan kunjungan ini, selain sesi diskusi ini dilakukan penandatanganan MoU antara UM dan UAI. Meskipun MoU baru saja dilakukan, namun sudah banyak kegiatan positif yang sudah dilakukan beberapa narasumber dari UM yang mengisi di acara kegiatan webinar di UAI khususnya terkait kegiatan MBKM. Harapan dari kedua belah pihak, MoU ini bukan hanya sekedar MoU namun akan dilanjutkan dengan pembicaraan dan dialog-dialog yang bisa dikerjakan bersama-sama/ kolaboratif yang menguntungkan baik untuk pihak UM dan UAI. Diharapkan setelah MoU menjadi MoA (Memorandum of Agreement) dan diimplementasikan menjadi Implementation Agreement (IA).

Adapun ruang lingkup MoU antara UAI dengan UM ini meliputi kegiatan yang menyangkut: (1) pendidikan, (2) penelitian, (3) pengabdian kepada masyarakat, (4) peningkatan SDM, dan (5) tata kelola. Kesepahaman Bersama ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.
Setelah sesi diskusi dilanjutkan dengan serah terima plakat, cenderamata dan foto bersama dengan jajaan Rektorat Universitas Negeri Malang dan Universitas Al-azhar Indonesia.

Kemudian kegiatan langsung dilanjutkan dengan Kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Program Studi Biologi Universitas Negeri Malang. Pada kunjungan di FMIPA Universitas Negeri Malang banyak ilmu yang sangat bermanfaat dapat diperoleh oleh delegasi UAI. Pada sesi diskusi yang dipandu oleh dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, dijelaskan program dan implementasi kegiatan kampus merdeka yang Sudah dilakukan di lingkungan FMIPA UM. Poin-poin ini telha dicatat dan insya Allah dapat diimplementasikan juga di Universitas Al-azhar Indonesia, khususnya kegiatan MBKM, Sistem Informasi Akademik MBKM serta rekognisi sks matakuliah Kampus Merdeka dan akreditasi internasional.
Pertemuan ini sangat disambut hangat dan banyak mendapatkan ilmu serta motivasi untuk terus menghasilkan Mutu Perguruan Tinggi dan Program Studi. Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Dr. Hadi Suwono , M.Si, dan Wakil Dekan FMIPA, Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si, Dr. Sudirman, M.Si.

Pemaparan dari Dekan FMIPA UM dan dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al-azhar Indonesia, Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D. Pertemuan ini merupakan salah satu dari kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbudristek Pendanaan Tahun 2021. Salah satu kegiatan PKKM ini menghasilkan banyak ilmu dan silaturahmi untuk UAI dan beberapa mitra dan yang pasti untuk seluruh sivitas akademika.
Setelah sesi diskusi dan masukan dari Dekan serta Wakil Dekan FMIPA UM dengan para delegasi UAI maka kami lanjutkan dengan sesi dokumentasi serta serah terima cenderamata.

Dilanjutkan pertemuan dengan Ketua Program Studi Biologi yang diwakili oleh Sekretaris Program Studi Biologi Universitas Negeri Malang yaitu Ibu Ika. Banyak sekali informasi yang kami dapatkan mengenai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta prestasi Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Dari mahasiswa mendaftar sampai dengan rekognisi sks matakuliah MBKM serta reward mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM dari Dana PKKM.

Kami sangat beruntung bisa mengunjungi beberapa perguruan tinggi di Malang. Semoga semua perguruan tinggi selalu diberikan kemudahan dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, berkarakter dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Selanjutnya sesi foto bersama Perwakilan dari Program Studi Biologi dan dosen-dosen berprestasi dalam menghasilkan produk dan jasa dalam membimbing mahasiswa di UM dan UAI.






The post Studi Banding Universitas Al-azhar Indonesia dan Kerjasama dengan Universitas Negeri Malang, Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemdikbudristek appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai