Sosialisasi Empat Pilar, Langkah untuk Mencegah Terorisme dan Radikalisme di Indonesia

  • uai

Berbagai upaya dan langkah telah di lakukan oleh pemerintah agar bisa menumpas terorisme serta radikalisme di tanah air, hal ini tentu bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di sekitar masyarakat. Salah satu upaya dalam mencegah penyebaran dua aksi merugikan ini adalah dengan mengadakan edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat. Pada Kamis, 8 April 2021 telah berlangsung acara Sosialisasi Empat Pilar yang diadakan oleh Universitas Al Azhar Indonesia bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Kedua lembaga ini sepakat untuk mewujudkan acara edukatif yang terarah bagi bangsa Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Fungsi Empat Pilar Kebangsaan dalam Mencegah Terorisme dan Radikalisme di Nusantara” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H. selaku Anggota MPR RI. Dalam penyampaian materi oleh Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, berbagai aspek dibahas salah satunya adalah bagaimana cara masyarakat ataupun institusi bisa mendeteksi dan mencegah penyebaran unsur terorisme serta radikalisme sejak dini.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Antusiasme audiens di acara ini sangatlah tinggi terbukti berdasarkan dari banyaknya pertanyaan yang muncul dan ditujukan kepada narasumber. Pada akhir acara terdapat pemberian cinderamata oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc kepada Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H. Semoga dengan diadakannya acara ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita kedepannya.

The post Sosialisasi Empat Pilar, Langkah untuk Mencegah Terorisme dan Radikalisme di Indonesia appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai