PG-PAUD UAI Tingkatkan Kepedulian Terhadap Learning Loss Melalui Seminar Nasional

  • uai

Salah satu dampak pandemi Covid-19 terhadap pembejalaran anak di Indonesia menyebabkan kesenjangan akses dan hilangnya kualitas pengetahuan dan keterampilan, baik itu secara umum atau spesifik yang biasa disebut dengan Learning Loss. Terjadinya kemunduran proses akademik karena faktor tertentu juga dapat menyebabkan krisis pembelajaran.

PG-PAUD Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) sebagai program studi yang fokus utamanya adalah anak-anak usia dini beserta lingkungan pendukungnya, menyelenggarakan Seminar Nasional dengang mengangkat tema “Kembali Ke Sekolah: Tantangan dan Solusi Learning Loss” melalui daring pada hari Kamis (09/06).

Acara pembukaan seminar ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an beserta sari tilawah oleh Nurul Huda dan Dewi Sunarsi, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UAI.

Dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi dan Pendidikan UAI yakni Dr. Fidesrinur, M.Pd. serta tidak lupa mengawali kegiatan Seminar Nasional ini dengan pembacaan doa oleh Dr. Suwardi, M.Pd.

Acara ini dihadiri oleh narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain: Dra. RR Lestari Kusumawardani M.Hum., Koordinator Bidang Penilaian Direktorat PAUD Kemendikbudristek; Dr. Erna Mulati, M.Sc. CMFM, Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak; Dr. Irma Yuliantina, M.Pd., Sekretaris Badan Akreditasi Nasinal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF); dan Dr. Rose Mini, Psikolog. Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Pemilik Taman Kreativitas Anak Indonesia.

Turut hadir sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor UAI menyampaikan keresahannya terhadap learning loss.

“Bila learning loss tidak ditangani, efek berikutnya akan timbul loss of generation, artinya negara Indonesia tidak mempunya modal insani yang menghumpuni, maka kita akan terus menerus menjadi negara yang bergantung.” tutur Prof. Asep.

Prof. Asep berharap dengan adanya Seminar Nasional ini dapat meningkatkan kepedulian terhadap pembelajaran anak di Indonesia.

Sesi foto bersama dilanjut setelah penyampaian Keynote Speaker untuk mengabadikan momen bersama karena selanjutnya akan dimoderatori oleh Kepala Program Studi PG-PAUD UAI, Nila Fitria, M.Pd., pada sesi pertama.

Lestari Kusumawardani selaku narasumber pertama dari Koordinator Bidang Penilaian Direktorat PAUD Kemendikbudristek menyampaikan beberapa upaya pemerintah untuk memitigasi dampak pandemi terhadap kesempatan belajar dengan mengembangkan “Kurikulum Darurat” dan menyusun buku panduan untuk membantu guru menerapkan kurikulum merdeka.

Selanjutnya, Erna Mulati selaku narasumber kedua sebagai Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak menekankan agar literasi pendidikan kesehatan berjalan secara maksimal di setiap jenjang sekolah, mulai dari PAUD sampai dengan SMA dan sederajat. Diperlukan gizi seimbang pada pola makan masyarakat untuk tubuh yang sehat dan erhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit tidak menular terkait gizi.

Usai pemateri sesi pertama, pemberian sertifikat diberikan oleh Sekretaris Program Studi PG-PAUD UAI, Nurfadilah, M.Psi., Psikolog kepada narasumber.

Rangkaian Seminar Nasional berlanjut pada sesi kedua dengan dimoderatori oleh Dra. Yufi Fisalma, M.Pd. sebagai Praktisi PAUD & Praktisi ABK. Narasumber sesi ini diawali dengan Dr. Irma selaku Sekretaris BAN PAUD dan PNF menyampaikan beberapa faktor penyebab learning loss, diantaranya banyak sekolah, guru, dan orang tua yang tidak siap dengan pembelajaran jarak jauh. Solusi terbaik yang ditawarkan untuk menghilangkan learning loss pada anak adalah adanya PTM Terbatas menurut Dr. Irma.

Dr. Rose Mini juga menyampaikan upaya meminimalisir dampak learning loss pada anak usia dini dengan mengenali tugas dan karakteristik perkembangan usia dini, mengidentifikasi gap, merancang aktivitas pembelajaran di rumah, dan melakukan kolaborasi dengan pihak skeolah dan guru. Penting untuk membekali Life Skills dan Self Regulated Learning yang bisa disisipkan dalam kegiatan belajar di rumah maupun di sekolah.

Walaupun diselenggarakan secara virtual, acara ini dimeriahi dengan beragam doorprize untuk para peserta aktif dan antusiasme peserta terlihat pada sesi tanya jawab yang berlangsung secara aktif. Tidak lupa acara diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada narasumber yang diberikan oleh Kaprodi PG-PAUD UAI, Nila Fitria, M.Pd.






The post PG-PAUD UAI Tingkatkan Kepedulian Terhadap Learning Loss Melalui Seminar Nasional appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai