Kolaborasi UAI dan UUQ dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan

  • uai

Universitas Al Azhar Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Universitas Umm Al-Qura (UUQ) dalam rangka pengembangan kerja sama luar negeri, dan lokasi UUQ sendiri berada pada Mekkah, Saudi Arabia. Dan kunjungan kerja ini dilaksanakan pada (04/12) sampai dengan (12/12) lalu.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk menghadiri undangan sekaligus memperkuat jaringan komunikasi antara dua negara maupun dua universitas, selain itu Universitas Al-Azhar Indonesia hadir sebagai kampus yang selalu mengembangkan kualitas digitalisasi maupun kurikulum pendidikan.

Kunjungan ini dilaksanakan atas undangan dari Dekan Institut Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Asing Universitas Umm Al-Qura, YM Syekh Prof. Dr. Hasan bin Abdulhamid Bukhari. Dalam kunjungan ke UUQ ini, UAI diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Faisal Hendra, M.Ed. dan Dosen Tetap Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Dr. Nur Hizbullah, M.Hum.

Selain UAI, Ketua Umum Ikatan Pengajar Bahasa Arab (IMLA) Indonesia, Dr. KH. Tulus Musthofa, M.A., Pimpinan Pondok Pesantren dan Presiden Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah, Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si., dan Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. KH. Aang Saeful Milah, M.A turut menghadiri kunjungan ini.

Kunjungan ini berkaitan dengan keterlibatan tiga lembaga, yaitu IMLA Indonesia, PP Darunnajah, dan UAI selama 12 tahun sejak 2010 s.d 2021 dalam kegiatan rekrutmen, persiapan, dan pembinaan peserta Diklat Pengajaran Bahasa Arab yang diselenggarakan di Mekkah.

Pelaksanaan rekrutmen, persiapam, dan pembinaan ini dilaksanakan pada masa liburan musim panas setiap tahun oleh Institut Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Asing Universitas Umm Al-Qura bagi pengajar bahasa Arab dari Indonesia.

Semoga dengan adanya kerjasama internasional ini semakin memperkuat jaringan relasi serta pengembangan kualitas pendidikan yang lebih berkelanjutan, sehingga dapat menjadikan UAI sebagai pusat pendidikan yang memiliki performa luar biasa.

The post Kolaborasi UAI dan UUQ dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai