Jelang Wisuda UAI ke-XXV, Prosesi Khotmul Qur’an Sudah Menjadi Tradisi

  • uai

Sebagai perguruan tinggi yang mengintegrasikan nila-nilai keislaman, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) tidak pernah absen menyelipkan Prosesi Khotmul Qur’an dalam setiap rangkaian prosesi wisuda sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

Jum’at (25/02) Prosesi Khotmul Qur’an diselenggarakan secara daring melalui Virtual Zoom Meeting dan dipimpin langsung oleh Ust. Bahrul Ulum, B.Sc., MA., Ph.D., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam UAI diikuti oleh seluruh wisudawan dan wisudawati ke-XXV. Prosesi ini dibuka dengan membaca Surah Al-Fatihah, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan secara bersama-sama, dan ditutup dengan pembacaan doa.

Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. berkesempatan memberi prakata sambutan untuk para wisudawan dan wisudawati ke-XXV. Beliau menganggap bahwa dengan adanya Prosesi Khotmul Qur’an dapat menjadikan pribadi wisudawan dan wisudawati ke-XXV yang jujur, dan tentunya membiasakan diri untuk selalu membaca Al-Qur’an. Prakata sambutan juga disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar, H. Muhammad Suhadi, S.Kom. Dua pesan penting yang disampaikan oleh beliau untuk para wisudawan dan wisudati ke-XXV yaitu pahamilah Al-Qur’an, karena akan memengaruhi jiwa dan Al-Qur’an itu ialah sebagai obat untuk diri kita sendiri.

Sebelum Prosesi Khotmul Qur’an ini selesai, acara dilanjut dengan pemberian tausiah yang bertemakan “Lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia Sebagai Generasi Hamalatul Qur’an” sekaligus ditutup dengan pembacaan doa oleh H. Muchamad Romly, S.Sos. I,M.E.Sy. Beliau menceritakan betapa pentingnya berpedoman pada Al-Qur’an. Sesulit dan sesibuk apapun dalam menjalani hidup, beliau berpesan untuk tetap menyempatkan membaca Al-Qur’an, karena kunci keberhasilan terdapat petunjuk yang ada di Al-Qur’an.

“Ketika kita ingin berhasil, peganglah Al-Qur’an, karena petunjuk kita adalah Al-Qur’an”

Setelah pembacaan doa selesai, dilakukannya sesi foto bersama untuk mengabadikan prosesi khidmat Khotmul Qur’an. Semoga melalui prosesi ini dapat membawa keberkahan baik untuk seluruh wisudawan dan wisudawati ke-XXV, beserta orang tua dan sivitas akademika UAI.




The post Jelang Wisuda UAI ke-XXV, Prosesi Khotmul Qur’an Sudah Menjadi Tradisi appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai