Inovasi Webinar Edukatif Bertemakan Jepang dari Prodi FIB UAI

  • uai

Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang UAI bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa HIMANIZHAR menyelenggarakan rangkaian Kegiatan Festival Himawari 2022. Ini merupakan acara inovasi yang berbasis edukatif dan terdiri dari rangkaian berbagai lomba kejepangan untuk tingkat siswa Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa di perguruan tinggi.

Selain itu perlombaan ini juga menyasar masyarakat umum dengan mengkonsepkan tiga webinar akademik pada puncak acara. Rangkaian kegiatan dibuka pada tanggal (05/12) lalu serta terdiri dari sambutan ketua program studi ,pengumuman berbagai lomba dan penayangan video kegiatan lomba pada tahun 2021.

Lomba yang diadakan terdiri dari lomba Nihongo Shiken, Rodoku, Lomba Sakubun, Funart, Karaoke, dan Costplay. Alhamdulillah, lomba ini sangat diminati khalayak ramai, terbukti dengan keikutsertaan peserta sejumlah 189 orang yang berasal dari 10 provinsi di Indonesia.

Adapun webinar akademik yang diselenggarakan sebagai rangkaian dari Festival Himawari 2021 terdiri dari Webinar Hari Pertama dengan tema Pariwisata Religi Jepang: Praktik di Jepang dan Indonesia yang diselenggarakan dengan Perjanjian Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi antara Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang ,Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UAI dengan Program Studi S1 Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Webinar Hari Kedua bertemakan GO INTERNATIONAL! Peluang Kerja di Industri Kreatif Kejepangan dengan mengundang praktisi profesional industri kreatif kejepangan yang telah berkarir di dunia internasional, yaitu bekerja sebagai Japanese Team Leader di Concentrix Malaysia, salah satu perusahaan agency yang mempunyai kilen perusahaan-perusahaan besar di bidang periklanan dan industri kreatif di dunia.

Berlanjut di Webinar Hari Ketiga bertemakan Menjemput Peluang Studi ke Jepang dengan dua narasumber, Narasumber kedua, Ibu Verawati COACH yang mempunyai latar belakang pekerjaan yang panjang dalam hal mengurus beassiwa studi di Jepang.

Beliau juga terkenal dengan jaringannya yang amat luas ke berbagai institusi pendidikan di Jepang. Narasumber kedua ibu Dr. Mya Dwi Rostika yang saat ini mengajar di Daito Bunka University, Jepang terkenal dengan perjalanan panjang dan perjuangan yang sangat gigih untuk bisa melanjutkan studi bahkan hingga kini menjadi staf pengajar di salah satu universitas di Jepang.

Sebagai puncak acara, pada hari yang sama dengan webinar 3 diumumkan pemenang berbagai lomba yang juga menampilkan berbagai hasil karya secara audio visual dan komentar langsung dari para Juri mengenai kriteria penilaian dan evaluasi hasil lomba.

The post Inovasi Webinar Edukatif Bertemakan Jepang dari Prodi FIB UAI appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai