Inovasi SIPPKOM UAI Resmi di Sosialisasikan Kepada Masyarakat

  • uai

Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran, Komunikasi Orang Tua dan Murid atau yang disingkat SIPPKOM merupakan sebuah hasil penelitian Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) untuk masyarakat agar dapat dimanfaatkan dalam cakupan yang lebih luas. Upaya sosialisasi ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan edukatif secara daring pada hari Kamis, (16/11) lalu.

Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. turut hadir pada acara webinar sosialisasi ini, selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala sekolah dan guru pada level pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menangah atas dan kejuruan, serta perwakilan orangtua pada masing-masing level pendidikan tersebut.

“Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan bentuk kepedulian UAI dengan masyarakat atau kerjasama dengan pemerintah daerah.” Ujar Prof Asep.

Senada dengan itu, Kepala suku dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Pusat yakni Dr. Hj. Uripasih, M.Pd. juga menyambut hangat dan memberi apresiasi yang luar biasa yang telah melaksanakan pelatihan bagi guru-guru PAUD, SD, SMP, SMA-SMK sehingga dapat menambah wawasan di kalangan pendidikan.

Pemaparan pertama disampaikan Ketua Program Studi PGPAUD UAI, Nila Fitria, M.Pd., bahwa di masa pandemi ini, kolaborasi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat sebagai tri sentra Pendidikan menjadi sangat penting. Karena pendidikan mengalami transformasi baik dari pola belajar dan pola pikir anak, maka pendidikan harus dapat membantu peserta didik.

Sebagai informasi bahwa sistem ini tidak hanya menambah pengetahuan tetapi juga mempelajari pengetahuan secara kreatif, mengembangkan pengetahuan, kemudian mengkonstruksinya dengan independent thinking. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka akan banyak terjadi permasalahan. Adanya SIPPKOM dapat menjadi alternatif pemecahannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai SIPPKOM dan layanannya. Dosen Program Studi Informatika Dody Haryadi, M.Ti. tentu ditunjuk untuk menjelaskan sistem terbarukan bagi pendidikan tersebut.

“SIPPKOM merupakan system informasi yang bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile. Pada awalnya dibuat untuk membantu guru-guru TK dalam menyusun perangkat pembelajaran, kini dikembangkan menjadi media komunikasi, tidak hanya untuk orang tua dan guru tetapi juga untuk siswa dan dosen di UAI.” Tutup Dody dalam pemaparannya.

The post Inovasi SIPPKOM UAI Resmi di Sosialisasikan Kepada Masyarakat appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai