Hari kebangkitan nasional, momentum bangsa untuk bangkit melawan COVID-19

  • uai

20 Mei, yang terlintas di publik ialah hari dimana adanya hari kebangkitan nasional. Merujuk tahun – tahun sebelumnya,  penyelenggaraan hari dimana Indonesia mulai bangkit dari penjajahan ini biasanya identik dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Tetapi, dampak dari pandemi COVID-19 tahun lalu masih belum kunjung usai. Upacara peringatan tersebut sementara harus ditiadakan untuk menghindari penyebaran virus yang semakin luas. Namun tetap saja semangat kebangkitan nasional harus dijaga oleh siapapun untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci untuk memenangkan pertempuran melawan COVID-19 salah satunya adalah senantiasa menanamkan semangat persatuan dan kebersamaan demki kebangkitan dari merebaknya virus yang tak kunjung usai ini.

Melihat dari sejarah kebangkitan nasional, awalnya tanggal 20 mei ini merupakan dasar berdirinya dari organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908. Organisasi ini dinilai menjadi sebuah titik temu atas seluruh perbedaan ideologi, identitas, perspektif dan cara pandang kebangsaan yang berkembang di masa awal kelahiran Indonesia. Semua hal tersebut disatukan demi mewujudkan nusantara yang satu dalam melawan masa penjajahan pada saat itu. Korelasi dengan situasi kini ialah masyarakat juga memiliki perbedaan pandangan terhadap COVID-19 ini, maka dari itu kebersamaan seluruh elemen masyarakat juga menjadi langkah tepat bagi Indonesia untuk keluar dari krisis ini.

Setiap individu tentu berharap dan menanamkan rasa optimistis bahwa kita bisa memenangkan pertarungan melawan pandemi COVID-19 ini, kekompakan, rasa bersama dan tanggung jawab menjadi solusi – solusi yang sesuai untuk keluar dari krisis ini. Dengan semangat Boedi Oetomo yang merakyat, nasionalis, dan selalu melihat dari berbagai perspektif tentu bisa membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang kini tengah dihadapi. Ditambah dengan sumber daya yang Indonesia miliki, semangat saling bahu – membahu dari seluruh komponen bangsa dan kepemimpinan mengatasi krisis yang handal menjanjikan kepastian serta keyakinan Indonesia untuk mampu bangkit serta keluar dari pandemi COVID-19 ini. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!

(JM)

The post Hari kebangkitan nasional, momentum bangsa untuk bangkit melawan COVID-19 appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai