Dirjen Dikti Resmi Membuka Berbagai Program Kampus Merdeka

  • uai

Program Kampus Merdeka yang terdiri dari beberapa bagian program resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Program pertama yang tersedia di Kampus Merdeka ini ialah Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dan pertukaran mahasiswa ini bertujuan untuk menyediakan program belajar lintas kampus dan lintas budaya. Mahasiswa dapat mengeksplor dan mempelajari keragaman nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah serta memperkuat atau memperluas kompetensi akademik.

Pendaftaran program ini dibuka mulai dari tanggal 14 Juni hingga 27 Juni 2021 dan link registrasi bisa diakses dari https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Dengan kemudahan yang dapat dilihat dengan satu integrasi link dan data bisa memudahkan para pengakses yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai program pertukaran mahasiswa merdeka. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti pertukaran antara lain:

  1. Mahasiswa aktif semester 3,5, dan 7
  2. Mahasiswa S-1 Non Vokasi dari perguruan tinggi di bawah kemendikbudristek
  3. Memiliki IPK 2,75 dari skala 4 (di bawah 2,75 harus melampirkan sertifikat prestasi minimal tingkat provinsi)

Program yang turut ada pada kampus merdeka berikutnya adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, magang bersertifikat ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri di luar kampus sehingga nantinya mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1 – 2 semester.

Studi Independen diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya dari ide inovatif ataupun untuk melakukan riset serta pengembangan. Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan magang dan studi independen ini antara lain:

  1. Mahasiswa S-1, D-4, D-3, D-2, dan D-1 dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang terdaftar pada PDDikti
  2. Persyaratan Khusus: terdapat di laman detil aktivitas masing-masing kegiatan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Pendaftaran program ini dibuka mulai dari tanggal 10 Juni hingga 15 Juli 2021 dan link registrasi bisa diakses dari https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Dengan kemudahan yang dapat dilihat dengan satu integrasi link dan data bisa memudahkan para pengakses yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai program magang dan studi independen.

Program ketiga yang ada pada kampus merdeka yakni program kampus mengajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar kampus dengan membantu pembelajaran literasi serta numerasi di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama selama satu semester. Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan program kampus mengajar antara lain:

  1. Mahasiswa S-1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di bawah naungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek dan terdaftar di PDDikti
  2. Mahasiswa aktif minimal semester 5 pada semester gasal tahun akademik 2021/2022
  3. Memiliki IPK minimal 3 (dari skala 4)
  4. Diutamakan memiliki pengalaman mengajar atau berorganisasi

Pendaftaran program ini dibuka mulai dari tanggal 15 Juni hingga 30 Juni 2021 dan link registrasi bisa diakses dari https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Dengan kemudahan yang dapat dilihat dengan satu integrasi link dan data bisa memudahkan para pengakses yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai program kampus mengajar.

The post Dirjen Dikti Resmi Membuka Berbagai Program Kampus Merdeka appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Source: berita uai