Beasiswa  Universitas Al Azhar Indonesia didisain memiliki potensi akademis maupun non-akademis untuk mengenyam pendidikan tinggi yang berkualitas. UAI sangat menyadari pentingnya upaya mendekatkan anak bangsa dari sejak dini ke berbagai jenis kegiatan yang menunjang pembangunan ekonomi berkelanjutan di lingkungan triple helix, meliputi dunia akademis dan penelitian, bisnis dan sektor riil serta sektor pemeritahan.

Untuk itu UAI mempersiapkan program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berkualitas serta kegiatan pembinaan mahasiswa secara terpadu baik dari sisi kurikuler maupun ekstrakurikuler. Disamping itu mahasiswa mendapat pembinaan 7 (tujuh) elemen dasar, meliputi keterampilan dalam menggunakan Information Technology (IT), kemampuan berbahasa, dan penumbuhan jiwa kepemimpinan dan karakter korporasi yang memadukan 5 elemen lainnya, yaitu kepemimpinan, kewirausahaan, keterampilan manajemen, kemitraan dan penanaman nilai-nilai Islam universal.

Dalam rangka mensukseskan program tersebut UAI mengajak para philanthropists dari berbagai kalangan industry, pebisnis, pemerintahan untuk menyemai dan menumbuhkembangkan anak bangsa dalam mencapai keunggulan dan kemampuan daya saing